Pengamanan Ketat di PON XXI Aceh-Sumut 2024, Cabang Olahraga Balap Sepeda Kategori XCR di Tahura Berastagi Berjalan Lancar



Karo. 

Ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 berlangsung meriah di Kabupaten Karo, khususnya pada cabang olahraga balap sepeda kategori Cross Country Team Relay (XCR) yang digelar di Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan, Acara ini dilaksanakan pada hari Kamis(05/09/2024).

Untuk dalam pelaksanaan Pengamanan ketat diterapkan oleh Kepolisian Mapolresta Tanah Karo, sekaligus dalam rangkaian Operasi Harta 2024, hal ini, guna memastikan seluruh acara berlangsung aman dan tertib.

Kapolres Tanah Karo, AKBP Eko Yulianto, S.H., S.I.K., M.M., M.Tr. Opsla., menyatakan bahwa pengamanan ini merupakan prioritas utama untuk menjamin kelancaran pertandingan di tengah antusiasme masyarakat dan peserta yang datang dari berbagai provinsi. 



"Kami memastikan seluruh tim pengamanan bekerja dengan sangat optimal di setiap titik, baik di venue maupun di sekitar lokasi acara, guna menciptakan situasi yang aman dan kondusif," ujar AKBP Eko Yulianto.

Pelaksanaan acara dalam Proses Perlombaan dilaksanakan Pada pukul 09.00 WIB, yakni ; Pertandingan Cross Country Team Relay (XCR) resmi dimulai. Adapun Tim-tim dari tujuh provinsi, yaitu : Sumatera Selatan, Bali, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Lampung, dan Jawa Barat, bertanding di lintasan MTB Arena Tahura Bukit Barisan sepanjang 3.000 meter. Kompetisi ini berlangsung sengit, dengan masing masing tim mengerahkan kemampuan terbaiknya untuk meraih gelar juara.



Setelah melewati pertandingan yang ketat, tim dari Provinsi Jawa Timur berhasil keluar sebagai juara pertama, disusul oleh tim Jawa Barat di posisi kedua, dan tim Bali menempati posisi ketiga. 

Dalam penyerahan medali kepada pemenang, dilakukan oleh Forkopimda Karo dalam hal ini,  Kapolres Tanah Karo AKBP Eko Yulianto menyerahkan medali emas kepada juara pertama, sementara medali perak diserahkan oleh Dandim 0205/TK Letkol Inf Ahmad Afriyani Rangkuti kepada tim Jawa Barat. Medali perunggu diberikan oleh KUPT Tahura Kamal Nasution, S.Hut., kepada tim Bali.

Dalam sambutannya, AKBP Eko menyampaikan selamat kepada pemenang dan mengapresiasi kerja keras tim pengamanan, dalam pelaksanaan di hari pertama ini.

"Selamat kepada para pemenang dan kami ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak, pada pelaksanaan PON cabang olahraga MTB hari ini di kategori XCR dapat berjalan aman dan baik." ungkapnya.

Lanjutnya Kapolres Tanah juga menambahkan bahwa masih ada dua kategori lain dalam cabang olahraga balap sepeda yang akan diperlombakan hingga tanggal 9 September 2024. Ia mengajak seluruh personel pengamanan untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dan koordinasi dalam setiap kegiatan mendatang. 



Selain itu, AKBP Eko juga mengundang masyarakat untuk turut serta memeriahkan dan mendukung ajang olahraga terbesar di Indonesia ini."Mari kita bersama sama menjaga keamanan dan ketertiban selama PON XXI berlangsung, serta turut memeriahkan dan mendukung atlet atlet yang bertanding. Ini adalah kebanggaan bagi kita semua," tutupnya.

Dengan berakhirnya perlombaan hari ini, persiapan dan pengamanan tetap diperketat untuk dua kategori berikutnya, guna memastikan seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar dan sukses.

  ( Bangunta Sembiring )

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال