PAC Pendawa Kecamatan Medan Denai Laksanakan Giat Sosial, Gotong Royong Bersihkan Bantaran Sungai




Medan - Dalam rangka mendukung Program Kebersihan Lingkungan yang digalakkan Pemerintah Kota Medan, guna menjaga kesehatan dan menciptakan kebersihan lingkungan masyarakat, Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) Persatuan Pemuda Jawa (Pendawa) Kecamatan Medan Denai, laksanakan Giat Gotong Royong bersama masyarakat dan Pemerintah setempat membersihkan sampah dan rumput liar disepanjang Jalan Pinggir Bantaran Sungai Denai Medan. Minggu (23/6/2024), mulai jam 8.00 Wib hingga selesai.

Kepada Wartawan, Pimpinan PAC Pendawa Medan Denai Rusli saat dikonfirmasi Media mengatakan, pelaksanaan gotong royong di sepanjang  Bantaran Pingiran Sungai Medan Denai merupakan kepedulian Pendawa Kecamatan Medan Denai terhadap masyarakat sekitar, dalam rangka bersinergi menjaga kebersihan lingkungan. Agar terhindar dari berbagai penyakit, seperti Demam Berdarah, Pernafasan Akut dan sebagainya.

"Sampah-sampah yang menumpuk di Pingiran Sungai Denai Kita bersihkan agar tidak jatuh ke Badan Sungai yang dapat menghambat kelancaran arus Aliran Sungai", sebut Rusli.

Menurut Rusli, Kegiatan Gotong Royong ini merupakan salah satu Agenda Sosial yang diperbuat Pendawa Medan Denai untuk Masyarakat sekitar Bantaran Sungai Denai. Dan Program ini akan terus dilaksanakan sebulan sekali. Guna menjadikan lingkungan disekitar Bantaran Sungai Denai Asri, Indah dan Sehat.



"Selain bertujuan untuk menambah keindahan areal sekitar, sampah-sampah yang menumpuk diangkat dan dibersihkan dan dibakar. Sebab sampah yersebut dapat menghambat aliran sungai, serta menimbulkan bau yang dapat mengganggu Penciuman dan Pernafasan  penduduk yang bermukim di sepanjang Bantaran Sungai", ucap Rusli.

Rusli juga menegaskan kepada jajarannya, agar terus 

menjaga kebersihan dan

keindahan Bantaran Sungai Denai. Serta berharap akan kesadaran masyarakat agar jangan membuang sampah sembarangan ke Sungai Denai, sebab dapat menghambat Aliran Sungai dan menimbulkan penyakit.

Pantauan Awak Media di lapangan, kegiatan gotong royong bersih-bersih Bantaran Sunggai Denai ini, langsung dilakukan oleh seluruh Pengurus PAC Pendawa Kecamatan Medan Denai berpadu dengan warga Penduduk Bantaran Sungai dan Pemerintah setempat.

Imran salah seorang Warga Masyarakat dan juga merupakan Tokoh Masayarakat Medan Denai, sangat mengapresiasi giat gotong royong yang dilaksanakan oleh Pendawa Medan Denai. Dan mengucapkan terima kasih, kepada seluruh jajaran Pengurus dan Anggota Pendawa Medan Denai. Karena degan kegiatan tersebut, Pendawa Medan Denai sudah memperhatikan keluhan Warga Bantaran Sungai Denai. Sehingga Bantaran Sungai Denai nampak bersih dan terlihat lebih rapi dan asri.

Imran juga berharap, kegiatan bersih-bersih disepanjang Bantaran Sungai Denai ini dapat dilakukan secara rutinitas dan terus berjalan setiap bulannya. Agar sampah-sampah yang menumpuk dan kotor, jangan ada lagi terdapat disepanjang Bantaran Sungai Denai.

"Kami Warga Penduduk Bantaran Sungai sangat senang dan terbantu degan kegiatan Pendawa Medan Denai. Program kegiatan yang dilaksanakan sangat besifat sosial kepada warga", sebutnya.

Menurutnya, selain program bersih-bersih Bantaran Sungai Denai, Pendawa Medan Denai juga telah melaksanakan Program Pengobatan Operasi Mata Katarak Gratis.

Dikatakannya lagi, Pendawa Medan Denai dibawah Pimpinan Rusli selaku ketua, merupakan salah satu Ormas yang bersatu dan berkolaborasi dengan masyarakat dalam rangka mempererat sosialitas, serta berbaur padu dengan bermacam suku yang ada di Medan Denai. Juga selalu mengutamakan kebersihan, sebagai wujud kebersamaan dalam meningkatkan kesehatan masarakat. 

"Warga Sehat, Masyarakat Kuat, menuju Indonesia Maju. Mari Kita dukung Program-Program yang cemerlang dan bersifat sosial ditengah-tengah masarakat", ujar Imran.

Imran juga mengatakan, kiranya Giat Sosial yang dilaksanakan Pendawa Medan Denai ini kedepannya agar lebih eksis dan lebih dominan peduli terhadap Lingkungan.

Pihaknya juga berharap, agar pemerintah juga lebih memperhatikan. Apalagi Pandawa sudah ada di Medan Denai, agar dapat segera berkolaborasi dan kebih memperhatikannya.

 "Kepada Pemerintah, tolonglah diperhatikan, apalagi Pandawa ini sudah ada di Medan Denai, tolonglah Kolaborasinya. Setiap Pendawa memohon tolonglah diperhatikan", sebut Imran

Imran juga mengatakan, untuk mengantisipasi Masayarakat luar yang dikabarkan sering membuang sampah di Bantaran Sungai Denai, Pandawa disarankan untuk membuka Posko di Bantaran Sungai Denai guna mengantisipasi sampaj, agar Masayarakat luar jangan membuang sampah sembarangan di Bantaran Sungai Denai. 

"Kami dari Masyarakat dan Pendawa berencana akan membuat Posko di Bantaran Sungai guna mengantisipasi Sampah", sebut Imran

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat setempat, agar bersama-sama saling menjaga kebersihan lingkungan.

"Karena selama ini ada pro-kontra ditengah-tengah masayarakat, Kita dari Tokoh Masayarakat memberikan pengertian kepada masyarakat agar jangan membuang sampah sembarangan", tegas Imran.

Dilain pihak, R Br Pasaribu salah seorang Warga Bantaran Sungai Denai kepada Wartawan mengatakan, terima kasih atas pelaksanaan gotong royong yang dilaksanakan oleh Pendawa Medan Denai.

" Alhamdulillah, Saya senang melihatnya. Maunya dibuat Posko di sini, biar tau masyarakat itu. Kami bayar uang sampah di depan itu Rp. 15.000 per bulan", sebutnya.

Menurut R Br Pasaribu, Warga sekitar sini tidak ada membuang sampah ke Bantaran Sungai, tetapi Masayarakat dari luar yang datang membuang sampah ke Bantaran Sungai Denai.

"Kita Warga setempat tidak ada membuang sampah di Bantaran Sungai Denai, tetapi Masyarakat luar yang datang membuang sampah kemari. Kita larang, Kita yang dimakinya", cetus R Br Pasaribu. ( Lidia) 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال