Kegiatan Ops Lilin Candi 2023 dimulai, Polres Semarang laksanakan Gelar pasukan.




Polres Semarang_Polda Jateng.

Kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 telah dimulai Jumat, 22 Desember 2023. Hal ini ditandai dengan kegiatan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Candi 2023. 

Berlokasi di lapangan Alun alun Bung Karno Kalirejo Kec. Ungaran, bertindak selaku pimpinan apel Bupati Semarang H. Ngesti Nugraha SH, MH., Kapolres Semarang AKBP Achmad Oka Mahendra SIK. MM., serta Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf. Ade Pribadi Siregar SE. MSi. 

Dalam amanatnya Bupati Semarang H. Ngesti membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jendral Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si., perihal kesiapan personel Polri yang didukung TNI serta Pemerintah setempat. 



"Apel gelar pasukan merupakan langkah akhir dalam pengecekan kesiapan baik personel, maupun sarana dan prasarananya. Pengamanan Natal 2023 dan Tahun baru 2024 merupakan tugas rutin, yang harus kita pastikan berjalan aman, dan lancar. Sebagaimana penekanan Presiden Repiblik Indonesia Bapak Joko Widodo, bahwa rutinitas ini tetap harus dipersiapkan semaksimal mungkin." Sambutnya. 

Dalam amanatnya juga disampaikan bahwa kegiatan Natal dan Tahun baru ini bertepatan dengan masa Kampanye Pemilu 2024, dimana dapat menimbulkan kerawanan di kalangan masyarakat. 

"Dengan bertepatannya moment Nataru dan masa Kampanye Pemilu 2024, maka dapat menimbulkan kerawanan. Oleh sebab itu Polri didukung TNI, Pemerintah Daerah , Mitra Kamtibmas dan Stake Holder terkait akan melaksanakan Operasi terpusat dengan sandi Ops Lilin 2023, dimulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024." Tambahnya. 



Selain kegiatan Apel gelar pasukan, juga dilaksanakan penandatanganan deklarasi Pemilu damai 2024 Kab. Semarang. Serta pemusnahan ribuan botol minuman keras berbagai jenis, yang disita jajaran Polres Semarang selama kegiatan Cipta Kondisi sebelum Ops Lilin Candi 2023 dimulai. 

Tampak perwakilan dari 18 Parpol peserta pemilu yang berada di Kab. Semarang membubuhkan tanda tangan, serta mengucapkan deklarasi bahwa siap ikut menciptakan situasi yang damai selama rangkaian Pemilu 2024 di Kab. Semarang. 

"Dapat kita saksikan setelah kegiatan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Candi 2023, Polres Semarang bersama Forkopimda Kab. Semarang menyaksikan deklarasi pemilu damai di wilayah Kab. Semarang. Hal ini sebagai langkah awal dalam perjalaman rangkaian Pemilu 2024, para Parpol turut menciptaka situasi aman dan nyaman." Ungkap Kapolres Semarang AKBP Oka dihapan awak media. 



Selain itu pihaknya juga menjelaskan bahwa pemusnahan minuman keras, sebagai langkah antisipasi dikalangan masyarakat agar situasi tetap Kondusif. 

"Ada sekitar 2.700 botol miras dari berbagai jenis, 1.800 Liter minuman Tuak dan 500 Liter minuman Ciu. Dimana juga disaksikan tokoh agama serta perwakilan Partai Politik peserta Pemilu, sebagai wujud nyata dan dukungan untuk bersama sama menciptakan situasi kondusif meminimalisir pengaruh minuman keras, yang dapat menimbulkan kerawanan kamtibmas." Ungkapnya kembali. 

Di akhir keterangnya, AKBP Oka juga menyampaikan bahwa akan disiagakan tim urai kemacetan Lalu lintas, dimana akan bersinergi dengan TNI dan Pemkab. Semarang di tiap tiap lokasi rawan macet maupun obyek wisata.( Adi) 


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال