Akibat Hujan Deras, Sejumlah Wilayah Kabupaten Nias Selatan Dilanda Banjir, Sat Samapta Polres Nias Selatan Siaga




Nias Selatan, mediadunianews.id - Lagi-lagi Hujan deras yang lebat mengguyur Kabupaten Nias Selatan hari-hari ini membuat unit patroli Sat Samapta Polres Nias Selatan melaksanakan patroli sekaligus memantau luapan debit air di desa sonogehu kecamatan maniomolo kabupaten nias selatan, Sabtu (09/09/23).


Kapolres NIAS SELATAN AKBP Boney Wahyu Wicaksono, S.I.K. melalui Kanit Pam Obvit Bripka Salomo mengatakan, Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka tanggap waspada dan antisipasi sebelum terjadinya bencana banjir di wilayah jalan lintas ndraso sonogehu hilisimetano. Dimana debit air setinggi paha orang dewasa sudah menutupi jalan raya lintas hilisimetano-lolowau, dan jalan ini merupakan satu-satunya akses yang menghubungkan seluruh kegiatan masyarakat. 


“ Personil piket patroli Sat Samapta Polres Nias Selatan melaksanakan patroli sekaligus mengontrol debit air sungai terkait curah hujan yang meningkat guna antisipasi bencana alam banjir wilayah ndraso desa sonohehu kecamatan maniomolo pada umumnya,” tuturnya.




Berdasarkan hasil pengecekan di lapangan, kata Bripka Salomo di laporkan jalan raya lintas teluk dalam-lilieau di desa sonogehu yang merupakan satu-satunya penghubung masyarakat sudah terendam air sungai dan sawah yang meluap tetapi masih bisa di tangani karena saat ini debit air masih bisa dijangkau, namun dikhawatirkan debit air semakin meningkat. Maka dati itu dalam kesempatan ini kami juga berusaha membantu seluruh masyarakat yang mau melintas di jalan ini sebelum debit air naik dengan membantu menyeberangkan masyarakat dan mengangkut barang-barang bawaan mereka, dan membantu menggendong anak kecil untuk menyeberang. dari karung berisi pasir” ungkapnya kembali. 


Melalui Bripka Salomo Kapolres menghimbau masyarakat yang akan melintas, agar selalu hati-hati dan waspada. Tidak memaksakan untuk melintas jika debit air cukup tinggi dan arusnya deras. Terkait hal ini kami akan siagakan anggota samapta untuk stand by memantau di tempat ini, dan memberitahu kepada BNPB nias selatan dalam kesempatan pertama"


“ Kami minta masyarakat tetap waspada banjir menyikapi cuaca yang berubah-ubah saat ini, tidak menutup kemungkinan bertambahnya volume air sungai, jika daerah hulu diguyur hujan terus menerus,” tambahnya. (Marbul)

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال